Metode Belajar Membaca Al Qur'an Untuk Anak

metode membaca belajar membaca alquran untuk anak
Orangtua yang baik tentu akan mengajarkan hal-hal yang baik juga untuk anak-anak mereka, salah satunya dengan mengajarkan mereka untuk belajar membaca Alquran. Karena Alquran adalah sebaik-baiknya buku bacaan, karena didalamnya terdapat berbagai macam ilmu pengetahuan.

Selain itu, memang sudah menjadi hak seorang anak dan menjadi kewajiban orangtua untuk mengajari anak-anaknya untuk dapat membaca Alquran. Namun, memang bukan hal mudah untuk membujuk anak agar mau belajar.

Apalagi di zaman sekarang ini sudah banyak sekali gadget-gadget terbaru yang canggih dengan permainan yang asyik dan seru. Tentu anak-anak akan lebih sulit lagi dibujuk untuk mau belajar membaca Alquran.

Disinilah peranan orangtua sangat dibutuhkan, orangtua harus bisa membujuk anak agar termotivasi untuk mau membaca atau bahkan menghafal Alquran. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips agar anak Anda mau belajar membaca Alquran.

1. Rangsang Anak Agar Terbiasa Mendengar Bacaan Alquran
Anak yang terbiasa mendengar bacaan Alquran sejak kecil cenderung lebih mudah untuk belajar Alquran. Untuk itu, biasakan anak Anda untuk mendengar bacaan-bacaan Alquran. Apalagi jika anak Anda masih berada di dalam kandungan, hal itu akan lebih baik lagi.

Mulailah mengenalkan anak Alquran dengan bacaan dari suratan pendek, hal ini akan mempermudah anak dalam menghafal Alquran. Ingatlah bahwa usia emas anak mulai dari 0-9 tahun, di mana ia mudah meniru dan menghafal. Para orangtua dapat memanfaatkan momen emas ini.

2. Mengenalkan Anak pada Hafalan yang Sebenarnya
Setelah anak mulai terbiasa, cobalah untuk meluangkan waktu Anda untuk menemani anak dalam belajar membaca atau menghafal Alquran. Metode yang umum digunakan adalah dengan cara mendengarkan rekaman suratan pendek. Temani anak Anda ketika membaca Alquran, jika ada yang salah dalam bacaan ataupun tajwid harap dibetulkan dengan diberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh anak.

3. Memasukkan Anak ke Taman Pendidikan Alquran
Selain mengandalkan peranan dari orangtua, tidak ada salahnya memasukkan anak Anda ke dalam Taman Pendidikan Alquran di masjid-masjid yang dekat dengan rumah Anda. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar membaca Alquran, karena dengan suasana yang kondusif dan memiliki banyak kawan di lingkungan TPQ akan membuat anak menjadi lebih nyaman dalam belajar.

Selain itu, dukungan dari guru yang sudah berpengalaman tentu akan membuat anak semakin mahir membaca Alquran dengan tajwid yang benar tentunya.

 Nah, itulah beberapa tips agar anak Anda mau untuk belajar membaca Alquran. Semoga bermanfaat.


sumber : makintau



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel