Doa berlindung dari hutang

Agama Islam menyuruh supaya berlaku lurus dan sederhana dalam hidup dan kehidupannya. Sebagaimana firman Allah SWT :
“Dan janganlah kamu berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang yang berlebih-lebihan” (Q.S Al-An’am :141)

“Janganlah kamu boros, karena sesungguhnya orang yang boros adalah teman syaitan” (QS. Al-Isra’ :26-27)

Kalau Al-Qur’an menuntut kepada orang-orang mukmin supaya menginfakkan harta kekayaannya, maka Al-Qur’an tidak menuntut kepada mereka melainkan supaya menginfakkan sebagian harta, bukan semuanya. Sebab, siapa yang mendermakan sebagian hartanya, maka dia akan terlepas dari kekurangan.

Dengan kesederhanaan, seorang muslim tidak lagi perlu berhutang, lebih-lebih Nabi sendiri tidak suka seorang muslim membiasakan berhutang. Sebab, hutang dalam pandangan seorang muslim yang baik merupakan kesusahan di malam hari dan suatu penghinaan di siang hari. Karena itu, Nabi selalu minta perlindungan kepada Allah SWT dari berhutang. Doa nabi itu sebagai berikut :
“Ya Tuhanku, aku berlindung diri kepada-Mu dari terlanda hutang dan dalam kekuasaan orang lain” (HR. Abu Daud)

Doa yang sering dibaca di dalam shalatnya ialah :
“Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepada-Mu dari berbuat dosa dan hutang. Kemudian ia ditanya :Mengapa Engkau banyak meminta perlindungan dari hutang ya Rasulullah? Ia menjawab : karena seseorang kalau berhutang, apabila berbicara berdusta dan apabila berjanji menyalahi” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda : “akan diampuni orang yang mati syahid semua dosanya melainkan hutang (HR. Muslim).

Berdasarkan hadist ini, seorang muslim tidak boleh berhutang kecuali karena sangat perlu. Kalaupun dia terpaksa harus berhutang, sama sekali tidak boleh melepaskan niat untuk membayar. Rasululullah bersabda :
 “Barangsiapa berhutang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya, maka Allah akan luluskan niatnya itu, tetapi barangsiapa mengabilnya dengan niat akan membinasakan (tidak membayar), maka Allah akan merusakkan dia. (HR. Bukhari)

Sumber : Keajaiban Shalat Dhuha oleh Muhammad Abu Ayyas

doa berlindung dari hutang



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel