Menghentikan Aktivitas Sejenak Sebelum Berbuka Puasa

Menjelang berbuka puasa, ibu- ibu seringkali masih sibuk di dapur. Menggoreng mendoan, menyeduh teh atau membuat es buah. Tergopoh-gopoh berusaha menyelesaikan semua aktivitas dapur, hingga melewatkan sebuah moment berharga.

Perlu diketahui etahuilah bahwa waktu menjelang dan waktu saat berbuka puasa adalah waktu yang mahal, waktu yang sangat berharga yang seharusnya jangan sampai dilewatkan dengan sia-sia. Kenapa waktu tersebut adalah waktu yang mahal? Karena waktu tersebut menjadi salah satu waktu bagi doa yang diijabah oleh Allah SWT.

Berdoa ketika berbuka puasa merupakan salah satu doa Mustajab, seperti banyak disebut dalam hadist-hadist. Antara lain: “Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya, orang yang puasa ketika berbuka, Imam yang adil dan doanya orang yang didhalimi” (HR. Tirmidzi, Ibn Majah, dan Ibnu Hibban).

Karena itu, sebaiknya ibu menghentikan aktivitasnya di dapur 10 menit sebelum adzan maghrib, memanggil seluruh anggota keluarga dan berkumpul untuk berdoa. Mengajak seluruh anggota keluarga untuk memikirkan doa yang terbaik. Ajaklah anak-anak dan suami untuk berdoa. Sebutkan semua hajat dan keinginan, seperti: agar anak-anak tumbuh sehat dan shaleh, pintar dan dapa senantiasa menjadi penyejuk hati orangtuanya.

Ajak anak-anak untuk mendoakan orangtua. Mendoakan ayah agar senantiasa selamat dalam perjalanannya, karirnya baik, dan dapat menjadi imam keluarga yang baik. Juga agar ibu senantiasa sehat dan dapat bersabar dalam mendidik anak-anaknya. Mintalah rezeki halal yang berkah juga usia yang berkah. Berdoalah dengan khusyu’ dan ikhlas.

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang “mahal”, yang amat disayangkan jika dilewatkan hanya dengan doa sekedarnya dan sibuk dengan minuman dan makanan yang tersaji. Semoga ibadah Ramadhan kita menjadi lebih bermakna dengan doa-doa saat berbuka puasa.

Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Ummi Online

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel