Jangan Remehkan Amal Kebaikan Walaupun Terlihat Kecil

Rasulullah SAW bersabda, 
"Janganlah kamu menganggap remeh suatu kebaikan, meski sekedar bermanis muka ketika menemui saudaramu" (HR. Muslim 2626)

Sikap ini amat penting guna meningkatkan motivasi kita dalam beramal shalih. Jangan pandang remeh suatu kebaikan. Berapa banyak amal yang terlihat remeh dan kecil namun ia menyebabkan pelakunya masuk surga.

Ada seseorang yang masuk surga dikarenakan memberi minum seekor anjing yang sedang kehausan. Demikianlah sebagaimana dikabarkan Nabi kita, melalui sabdanya :
"Sesungguhnya ada seorang laki-laki melihat seekor anjing yang menjilatinya tanah basah karena kehausan. Lalu ia membuka sepatu kulitnya kemudian menciduk air dan memberikannya kepada anjing tersebut hingga membuat perutnya kenyang. Maka Allah SWT mensyukuri perbuatan laki-laki itu sehingga memasukkannya ke dalam surga" (HR. Bukhari 171)

"Sungguh aku melihat seorang laki-laki menikmati kesenangan di dalam surga karena sebatang pohon yang ia singkirkan dari tengah jalan yang mengganggu manusia" (HR. Muslim 6837)

Dalam hadits lain, Nabi SAW bersabda :
"Ada seorang laki-laki berjalan melewati sebatang pohon yang melintang di tengah jalan. Lalu ia berkata : 'Demi Allah, akan kusingkirkan batang pohon ini agar tidak mengganggu kaum muslimin'. Maka oleh sebab itu ia pun dimasukkan ke dalam surga" (HR. Muslim 6836)

Maka janganlah kita memandang kecil suatu kebaikan. Sebarkanlah nilai-nilai kebaikan di tengah-tengah manusia. Sungguh, muslim terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi umat manusia. 

Beliau bersabda :
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya" (Dishahihkan oleh Al-Albani dalam silsilah ash Shahihah & SHahih al-Jami' dari Jabir bin Abdullah)

Sumber : Panduan Amal Sehari Semalam, oleh Ummu Ihsan & Abu Ihsan al-Atsari

jangan remehkan amal kebaikan walaupun terlihat kecil


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel